sepeda 2

Hubungan antara bersepeda dengan peningkatan tinggi badan serta bersepeda dengan pemadatan tulang adalah dua hal yang sering kali dibahas dengan tujuan mencari cara meningkatkan tinggi badan. Kini, bersepeda menjadi topik yang begitu menarik bagi para peneliti hingga saat ini.

Penelitian terus dilakukan untuk mengetahui apakah bersepeda benar-benar bisa meningkatkan tinggi badan, dan apakah bersepeda benar-benar bisa memadatkan tulang.

Berikut ini adalah beberapa studi terkait topik tersebut dan mari kita lihat apa yang mereka temukan!

Apakah bersepeda bisa meningkatkan tinggi badan?

Peneliti asal Swedia, dari Universitas Malmo melakukan penelitian kepada atlet sepeda profesional mengenai kepadatan tulang dan tinggi badan mereka.

Mereka membandingkan kepadatan tulang, tinggi badan, persentasi lemak tubuh, dan VO2 max (kapasitas paru) antara 30 orang atlet sepeda profesional dengan 30 pria dewasa muda yang sehat namun tidak pernah bersepeda. Usia pria ini berkisar 28-29 tahun.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepadatan tulang atlet sepeda lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda pada semua bagian tubuh seperti kaki, tulang belakang, tulang panggul, dan tulang paha. (Sumber: Bone status in professional cyclists. Int. J Sports Med, July 2010, Vol. 31, No.7)

Walaupun tinggi badan juga diukur, sayangnya hal ini tidak dibandingkan dengan para pria yang tidak bersepeda dan pengukuran ini hanya dianggap sebagai data tambahan, tanpa menunjukan suatu makna tertentu pada penelitian.  Oleh karena itu, tidak diketahui hubungan yang sesungguhnya antara bersepeda dan tinggi badan pada penelitian ini.

Sebenarnya, tidak tepat ketika kita membandingkan tinggi badan para atlet sepeda dengan orang-orang yang tidak bersepeda tanpa memperhatikan faktor-faktor lain seperti:

* Tersedianya waktu yang cukup untuk melihat proses pertumbuhan (seperti pengukuran diambil pada saat pertama kali penelitian berlangsung dan dua tahun kemudian dilakukan pengukuran kembali untuk melihat perbedaannya)
* Kuisioner yang mencakup tinggi badan kedua orang tua kemudian digunakan analisis statistik untuk menentukan apakah atlet sepeda dengan orang yang tidak bersepeda menunjukan potensi genetik yang sama untuk peningkatan tinggi badan.

baca juga

hubungan body building dan tinggi badan

cara menambah tinggi badan

Ingin tau lebih lengkap??? Follow aja @InfoHerbalSehat

Atau mau tau langsung peninggi badan alami silahkan cek di www.mautinggi.com atau hub : 089611489669 / bb : 24BF4B36

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit