menopause-symptoms-1

PMS (PreMenstrual Syndrome) ialah kumpulan gejala yang terjadi sebelum datangnya menstruasi. Hal ini merupakan pengaruh dari siklus hormonal yang memang lagi tidak seimbang dan naik turun. Hormon yang tidak seimbang terutama hormon wanita, yaitu esterogen dan progesteron. Selain itu, menurut beberaspa penelitian disebutkan bahwa PMS disebabkan karena menurunnya serotonin. Serotonin adalah zat kimia adalah suatu neurotransmiter monoamino yang disintesiskan pada neuron-neuron serotonergis dalam sistem saraf pusat dan dalam saluran pencernaan. Hormon ini dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman, membuat mood menjadi baik.

Dan itu lah alasan mengapa banyak sekali keluhan wanita ketika dalam siklus menstruasi merasa mood tidak baik atau galau. Apakah itu wajar? Tentu saja wajar karena merupakan efek fisiologis yang terjadi pada tubuh seorang wanita. Gejala PMS umumnya terjadi rentang 7 hari sebelum datang waktu menstruasi. Dan, beberapa gejala diantaranya ada yang masih terjadi saat menstruasi. Gejala ini sangat bergantung pada gaya hidup mading-masing individu mulai dari asupan nutrisi, aktivitas dan keadaan psikologis. Oleh karena gaya hidup setiap individu sudah pasti berbeda, maka gejala PMS pun tidak sama pada setiap perempuan.

Mencegah lebih baik dari mengobati, maka pasti akan lebih nyaman jika kita dapat mencegah terjadinya PMS sebelum benar-benar terjadi. Karena PMS erat dengan hormonal tubuh, oleh karena itu menjaga asupan tubuh yang baik akan berdampak pula tehadap gejala PMS yang mungkin terjadi.

a. Banyak makan serat. Kebutuhan serat tubuh sehari sekitar 25-35 mg. Serat yang cukup akan melancarkan proses buang air besar dan kelebihan estrogen dalam tubuh bisa terbuang bersama feses (kandungan estrogen yang tinggi merupakan gejala utama PMS)
Serat yg baik adalah gabungan serat yang tidak dapat diurai (Selulosa jagung) untuk menambah jumlah tinja, meningkatkan gerakan usus, serta serat yang dapat diurai (polydextrase) untuk membersihkan usus halus dari bakteri berbahaya dan menghurangi penyerapan kolesterol jahat dari makanan.

b. Hindari kelebihan gula. Makanan manis dan karbohidrat olahan seperti pasta dan roti putih.

c. Makan kedelai dan olahannya seperti tempe dan tahu. Karena kedelai mengandung esterogen alami yang dapat menyeimbangkan kadar esterogen dalam tubuh.

d. Kurangi cemilan asin, karena akan membuat perut terasa kembung yang dapat memperberat kinerja ginjal.

e. Tambahan kalsium dan magnesium untuk mengurangi potensi gejala-gejala PMS seperti sakit kepala, kelelahan, lekas marah, sakit dan nyeri.

untuk info lebih lanjut silakan hubungi kami via twitter : @nikmatnyasehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit