Hubungan antara gymnastik dan tinggi badan.

gym dan tinggi badan

gym dan tinggi badan

Melihat para pelaku gymnastik seperti lompat jauh pada olimpiade tentu sangat mengasikan bukan? Kebanyakan dari mereka memiliki tubuh yang baik, namun terlihat sedikit pendek, betul?

Faktanya terdapat hubungan antara olahraga gymnastik dengan tinggi badan. Sekolah kedokteran di Yunani menemukan bahwa para pelaku gymnastic mengalami puberitas dan kematangan yang terlambat.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah gymnastik mempengaruhi tinggi badan akhir seorang atlit?

Mereka melakukan penelitian terhadap 86 laki-laki yang melakukan gymnastik dan berkompetisi tisi pada olimpiade dunia. Mereka juga melakukan observasi kepada genitalia para responden dan melihat bagaimana mereka berkembang.

Observasi pada genitalia para pelaku gymnastik menunjukan adanya ciri defisiensi zinc. Zinc adalah mineral yang dibutuhkan tubuh tidak hanya untuk pertumbuhan tulang melainkan juga perkembangan genitalia.

Fakta ini juga ditemukan di India beberapa tahun lalu oleh seorang peneliti yang mengobservasi  masalah pertumbuhan dan kematangan sexual pada pria.

Secara ilmiah cara untuk mengukur perkembangan alat genitalia adalah dengan Tanner. Intinya jika terdapat ciri perkembangan alat genitalia yang tidak sempurna maka pertumbuhan tubuhnya secara utuh juga tidak sempurna.

Pada penelitian ini, para atlit diberikan kuisioner mengenai beban latihan mereka dan berapa banyak kompetisi yang mereka ikuti pertahun, serta berapa tinggi badan kedua orangtua mereka.
Setelah diamati, para atlit tersebut menunjukan angka di bawah percentil 58 untuk berat badan dan tinggi badan. Selain itu, tinggi badan mereka juga jauh dibawah kedua orang tua mereka, dan mereka yang memiliki beban latihan paling banyak menunjukan kehilangan potensi tinggi badan yang banyak juga.

Akhirnya federasi gymnastik international melakukan suatu langkah cerdas. Mereka menaikan batas usia untuk para calon atlit yang akan berkompetisi. Hal ini baik sebab akan memberikan waktu bagi anak-anak untuk tumbuh.

(Sumber: Final height in elite male artistic gymnasts. J Pediatr Endocrinol Metab, 2012, Vol. 25, No. 3-4.)

Maka ingatlah untuk jangan memberikan latihan gymnastik berlebihan kepada seorang anak karena hal tersebut dapat menurunkan potensi tinggi badan mereka. Selama lempeng epifisis tulang mereka belum menutup, anak-anak masih bsia tumbuh lebih tinggi.

Bagaimana cara membuat tubuh lebih tinggi?

1. Minumlah susu.
2. Tingkatkan konsumsi protein Anda karena protein akan menstimulasi tubuh untuk mengeluakan hormon pertumbuhan
3. Pastikan Anda cukup vitamin dan mineral

Temukan kiat-kiat memaksimalkan pertumbuhan di usia muda hanya di @infoherbalsehat

One thought on “Efek dari senam pada tinggi badan dan kepadatan tulang

  1. Nouveau maillot Argentine

    Its such as you read my thoughts! You appear to understand so much about this, like you wrote the guide in it or something. I think that you just can do with a few p.c. to drive the message home a little bit, but other than that, that is excellent blog. A great read. I’ll certainly be back.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit