sepeda

Oleh karena para peneliti tidak dapat menentukan hubungan bersepeda dengan tinggi badan secara tepat pada studi sebelumnya (lihat artikel “Apakah bersepeda mempengaruhi kepadatan tulang?”), untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, kita seharusnya menggunakan logika untuk menjawab apakah bersepeda mampu meningkatkan tinggi badan atau tidak.
Posisi duduk memberikan tekanan pada tulang belakang dan membuat kompresi pada diskus tulang belakang.Ketika terjadi kompresi pada diskus, maka akan terjadi penurunan tinggi badan. Celah diskus mengecil ketika terkompresi.

Selain itu, komponen lain seperti gaya gravitasi juga mempengaruhi tinggi badan. Saat kita duduk atau berdiri, gaya gravitasi bekerja terhadap diri kita.

Untuk melepaskan kompresi diskus tulang belakang, Anda harus meregangkan tulang-tulang belakang. Ketika tidur pada malam hari, kompresi pada diskus akan berkurang sehingga Anda bisa menjadi lebih tinggi pada pagi harinya.Selain itu, saat tidur terlentang efek gravitasi pada tulang belakang akan berkurang sehingga peningkatan tinggi badan bisa terjadi.

Untuk membuktikannya, silakan bandingkan tinggi badan Anda pada pagi hari dan malam hari. Anda akan melihat perbedaannya!

Hubungan antara bersepeda dan kepadatan tulang

Pada studi lain, beberapa atlet sepeda dibandingkan untuk menemukan apakah terdapat gerakan sepeda tertentu yang menyebabkan penurunan kepadatan tulang.

Dua per tiga dari 23 atlet sepeda profesional dengan rata-rata usia 28 tahun, mengalami penurunan kepadatan tulang setengah tahun kemudian.

Jika para pesepeda itu lebih sering bersepeda pada jalur mendatar, kepadatan tulangnya akan lebih rendah pada kaki kanan. Jika ia seorang pesepeda dengan jalur mendaki, kepadatan tulangnya akan lebih rendah pada lengan.

Jadi untuk menjawab pertanyaan apakah bersepeda mempengaruhi kepadatan tulang, jawabannya adalah ya.

(Sumber: Is osteopenia a health risk in professional cyclists? J Clin Densitom, Jan-March 2009, Vol. 12, No.1)

Baca juga

Cara menambah tinggi badan

Hubungan Body Building dan tinggi badan

Mau info lebih lanjut follow  @InfoHerbatSehat http://www.mautinggi.com/ hub: 089611489669 / 24BF4B36

3 thoughts on “Hubungan Antara Bersepeda dan Tinggi Badan

  1. Pingback: moncler mantel
  2. Leann Huh

    Good information. Lucky me I came across your site by chance (stumbleupon). I have saved as a favorite for later!

  3. Berarti ada pengaruhnya, bersepeda itu terhadap tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit