mama kenapa badanku pendek 2

“Mamah, badanku koq pendek sih…? Papa badannya tinggi, kakak juga tinggi, kenapa cuma aku yang pendek?”

Kurang lebih begitulah pertanyaan sang anak yang sering ditanyakan oleh beberapa moms pada saya saat menanyakan tentang pertumbuhan anaknya.

Ingin tahu apa kata ahlinya?

Short Stature atau disebut juga perawakan pendek, adalah suatu keadaan dimana tinggi badan seseorang berada di bawah ukuran normal, dibandingkan dengan rata-rata sesuai umur dan jenis kelaminnya, demikian menurut dr. Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), seorang konsultan endokrinologi anak. Badan pendek bukanlah penyakit, dan bisa jadi merupakan variasi normal. Baru dikatakan memiliki perawakan pendek bila tinggi badannya berada 2 standar deviasi dari tinggi rata-rata populasi, atau dibawah persentil 3 dari kurva pertumbuhan yang pernah saya posting sebelumnya.

Dr. Aman, SpA(K) mengatakan bahwa terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan kita, di antaranya adalah:

  • Faktor genetik

Faktor ini sering dijadikan kambing hitam, walaupun sebenarnya banyak faktor-faktor lain yang turut berperan dalam menentukan pertumbuhan seseorang. Padahal faktanya, Faktor genetik hanya mempengaruhi 10% saja terhadap tinggi badan anak/seseorang. Bahkan ada penelitian yang mengatakan hanya 3% saja, artinya dengan asupan nutrisi yang tepat akan dapat membantu pertumbuhan tinggi badan anak.

  • Faktor nutrisi

Nutrisi tentu sangat mempengaruhi tinggi badan. Nutrisi yang tepat dan didapat sejak bayi berada dalam kandungan sampai 2 tahun pertama kehidupan seorang anak, sangat mempengaruhi pertumbuhan anak tersebut. Buat kamu yang sudah berusia belasan tahun? Jangan kuatir! Selama masa pertumbuhan, tubuh kita masih membutuhkan nutrisi untuk bertumbuh. Cukupkan dirimu dengan nutrisi terbaik, sehingga hasilnya pun akan baik. Untuk nutrisi terbaik bagi peningkatan tinggi badanmu, bisa coba dan dapatkan di >> KLIK DISINI

Kekurangan hormon tertentu selama anak masih dalam masa pertumbuhan tentu akan mempengaruhi tinggi akhir seorang anak. Hormon pertumbuhan dan hormon tiroid adalah dua hormon utama pengatur pertumbuhan.

  • Faktor lingkungan

Ternyata lingkungan memegang peranan penting dalam pertumbuhan anak! Hal ini dibuktikan saat dua orang anak yang kembar identik diasuh oleh dua keluarga yang berbeda, ternyata tinggi badannya tidak sama! Dikatakan bahwa, anak yang dibesarkan dalam keluarga bahagia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik dibandingkan anak yang hidup dalam tekanan dan kekurangan kasih sayang orang tuanya.

* dr Aman Bhakti Pulungan, SpA(K) adalah seorang konsultan Endokrinologi Anak dan staf pengajar di FKUI-RSCM. Beliau juga berpraktik di RS Pondok Indah dan Klinik Anakku Cinere.

Kontributor:
dr Kristoforus HD

(Seorang dokter penyakit dalam dan sekaligus ahli vaksinologi dan terapi alternatif dengan TCM. Direktur sekaligus pendiri dari In Harmony Clinic – sebuah klinik Medis, Alternatif, dan Preventif, yang berfokus pada Pencegahan melalui vaksinasi dan penggunaan suplemen-suplemen herbal yang bersertifikat dan telah teruji.)

—————————————————

Solusi Para Orang Tua

tinggi5

“Erat kaitannya anak yang rentan terserang penyakit di usia dini, dengan penyebab terhambatnya pertumbuhan tinggi badan anak. Peran orang tua sangat berpengaruh di dalam masa pertumbuhan si anak, oleh sebab itu penting sekali bagi orang tua untuk rutin memberikan asupan nutrisi tambahan diluar makanan sehari-hari. Pemberian nutrisi suplemen seperti kalsium dan zinc terbukti dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi dan juga perkembangan otak anak menjadi lebih maksimal pula.”

Berhati-hatilah dalam memilih kalsium, tidak banyak kalsium yang dapat terserap sempurna oleh tulang kita, beberapa rekomendasi kalsium yang sangat disarankan yaitu seperti Nutrient Calcium Powder, untuk lebih jelasnya anda bisa cek di link ini>>

Info Peninggi Badan Anak & Remaja

KLIK DISINI UTK INFO PENINGGI BADAN ANAK DAN REMAJA>>

300x38

PENINGGI BADAN BIG-SALE

header 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit