Tanaman mengkudu adalah tanaman asli Indonesia dan buahnya sudah sejak lama digunakan sebagai ramuan obat tradisional karena dipercaya secara turun menurun memiliki khasiat yang sangat menakjubkan meskipun buah mengkudu memiliki bau yang sangat menyengat dengan kandungan biji yang sangat banyak, namun dibalik itu buah mengkudu memiliki mukjizat yang sangat luar biasa karena buah mengkudu memiliki karakteristik :

  1. Kemampuan merontokkan dan membersihkan sel-sel mati yang ada dalam jaringan tubuh kita, termasuk sel mati yang ada dalam saluran pembuluh darah.
  2. Menjaga dan memelihara sel-sel yang masih hidup.
  3. Menumbuh-kembangkan sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati.
    Karena kemampuannya menumbuh-kembangkan sel-sel yang baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati, di samping juga memiliki kemampuan mengobati berbagai macam penyakit. Buah mengkudu juga memiliki kemampuan mengkondisikan tubuh kita selalu dalam keadaan sehat, tidak mudah masuk angin maupun terserang berbagai macam penyakit, apabila dikonsumsi secara rutin.

Di Asia, buah mengkudu disebut juga sebagai buah dewa (Korea dan Taiwan) dan secara tradisional buah mengkudu juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit, dari diare sampai tumor, karena kemampuannya mengobati gangguan sebagai berikut :

Gangguan Tulang dan Kepala
Reumatik, asam urat, vertigo, stroke, gangguan pada sumsum dan syaraf tulang belakang, migrain, susah tidur.

Infeksi Kulit
Bisul, luka bakar, radang dibawah kulit, lecet, alergi, penyakit kulit lainnya.

Gangguan Pencernaan 
Sakit maag, diare, radang usus, susah buang air besar, ambeien, penyakit gangguan pencernaan lainnya.

Gangguan Kewanitaan
Meningkatkan kesehatan pada saat kehamilan dan persalinan, sering kram, gangguan menstruasi, datang bulan tidak lancar, kista.

Karena Infeksi
Sakit mata, radang mata, batuk, TBC, asma, gangguan pernafasan, gusi bengkak, sariawan, sakit gigi, keracunan makanan.

Gangguan Penyakit Dalam 
Kencing manis, darah tinggi, darah rendah, ginjal dan batu ginjal, kandung kemih, prostat, sakit jantung/jantung koroner, darah kental, darah encer, kekurangan trombosit, lupus, leukimia.

Serta gangguan kesehatan lainnya seperti menghentikan kebiasaan merokok, ketergantungan obat/ narkotika (NAPSA), membersihkan darah, menyuburkan rambut, anti bakteri dan anti oksidan, membangun sistem kekebalan tubuh, karena memiliki kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi, kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral, ada lebih dari 140 flavonoid yang sudah ditemukan dibuah mengkudu.

Jus mengkudu sangat cocok untuk program diet karena dapat mengendalikan asam lambung sehingga perut dirasakan kenyang.Agar hidup tetap sehat harus dipolakan dengan menjaga serta memelihara paling tidak 3 (tiga) organ vital kita yaitu jantung yang berfungsi sebagai pemompa darah sehat (segar) dan penyedot darah kotor, kualitas darah harus tetap dijaga agar memiliki kemampuan maksimal sebagai alat transpor, nutrisi/ makanan dan oksigen serta saluran darah pembuluh darah) yang tidak boleh ada sumbatan atau gangguan agar aliran darah menjadi lancar.Apabila aliran darah lancar, kualitas darah sangat bagus (darah bersih kaya oksigen dan nutrisi) dan sistem pompa jantung sangat bagus, maka distribusi makanan/ nutrisi dan oksigen keseluruh organ tubuh menjadi lancar yang tentu saja dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh sehingga proses regenerasi sel (pergantian sel) menjadi lancar dan tubuh menjadi bugar dan sehat.

Agar tubuh tetap sehat, harus dijaga kualitas darah dengan PH di kisaran 7,35 – 7,45, artinya PH darah harus bersifat sedikit basa dan jus mengkudu yang dikonsumsi dengan ditambahkan cuka apel atau cuka madu propolis akan memberikan reaksi yang bersifat basa di dalam lambung sehingga produksi asam lambung yang berlebihan (bagi penderita sakit maag) dapat dinormalkan dan PH darah menjadi sedikit basa.

Buah mengkudu yang disebut Miracle Tropical Plant atau Noni atau Hawaian Magic Plant memiliki kandungan berbagai zat dan flavonoid yang sangat berkhasiat seperti anthraquinone & scopoletin, xeronine, proxeronine & proxeronase damnakantal.Berbagai ahli telah melakukan penelitian terhadap buah mengkudu dengan rincian sebagai berikut :

  • Peneliti Jepang pada 1993, Mr. Hiramatsu Imoto, Koyano dan Umezawa yang berhasil mengisolasi damnakantal yang berfungsi sebagai zat anti kanker.
  • Pada 1998 Dr. Neil Solomon M.D., PhD menemukan adanya kandungan scopoletin dalam buah mengkudu yang mampu mengikat senyawa serotonin yang berlebih di dalam tubuh/darah, yaitu senyawa kimia yang menjadi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi tinggi.
    Serotonin yang berlebih juga menyebabkan timbulnya penyempitan pembuluh darah vena dan aorta maupun pembuluh darah rambut yang menjadikan aliran darah tidak lancar, sehingga jantung harus bekerja lebih berat untuk memompa darah bersih dan menyedot darah kotor.

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, kadar serotonin dalam darah harus tetap dijaga dalam level yang ideal karena serotonin adalah hormon yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi organ tubuh, tubuh menjadi fit, tidak mudah depresi, temperatur tubuh menjadi stabil, rasa lapar dan keseimbangan seksual (hormonal) menjadi terkontrol dan sekaligus berfungsi sebagai precursor pengendalian hormone melatonin, serotonin banyak dijumpai pada buah, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan seperti: daging terutama yang berlemak, hewan laut seperti : udang, rajungan, kepiting, kerang & cumi, buah-buahan seperti: nanas, pisang serta biji-bijian seperti: kacang-kacangan, kelapa, kemiri dll.

Serotonin juga terdapat pada sengatan lebah dan kalajengking. Adanya kandungan senyawa scopoletin dalam buah mengkudu, menjadikan buah mengkudu sebagai obat alami yang sangat ampuh untuk menurunkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) tanpa merasa takut munculnya efek negatif.
Pada 1963, hasil pengujian Levand memperlihatkan buah mengkudu memiliki kandungan antraquinone yang mampu membunuh mikroorganisme staplylococcus, aureus, pseudomonos, aeruqinosa, proteus morganii, salmonella typhosa, bacillius subfilis escherichin coli.Dr. Chatque Younus juga telah menganalisa efek sedative dan analgesik dari buah mengkudu yang hasil penelitiannya mengatakan bahwa buah mengkudu tidak memiliki sifat toksik dan secara bermakna menunjukkan ada hubungan dosis yang mempengaruhi aktivitas analgesik sentral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit